Mangga Di Haturanan Linggih ....

Sunday, January 23, 2011

Menstruasi Rahim Merupakan Organ Dalam

MENSTRUASI

Rahim merupakan organ dalam tubuh wanita yang berukuran kira-kira sebesar kepalan tangan,dindingnya berlipat-lipat,dan di kanan kirinya terdapat saluran telur.Diujung saluran telur disebut dengan indung telur atau ovarium yang berfungsi menghasilkan telur.
Pada wanita dewasa tiap bulannya akan satu dari sel-sel telur akan matang dari salah satu indung telur sebelah kanan atau kiri secara bergantian samapi sel-sel telur tersebut habis(menopause).Selama proses pematangan sel telur dinding rahim akan menebalsebagai persiapan bantalan janin apabila terjadi pembuahan.Apabila tidak terjadi pembuahan,maka lapisan dinding rahim yang menebalakan rusak dan luluh yang kemudian keluar sebagai darah haid.
Mekanisme Haid
Hormon steroid estrogen dan progesteron mempengaruhi pertumbuhan endometrium di bawah pengaruh estrogen endometrium memasuki fase sekresi.denngan menurunnya kadar estrogen dan progesteron pada akhir siklus haid terjadi regresi endometrium yang kemudian di ikuti dengan pendarahan yang di kenal dengan nama haid.
Mekanisme haid belum di ketahui seluruhnya akan tetapi sudah di kenal beberapa faktor yang memegang peranan yaitu
1.Faktor-faktor enzim
Dalam fase proliferasi estrogen mempengaruhi tersimpannya enzim-enzim hidrolik dalam endometrium serta merangsang pembentukan glikogen dan asam-asam mukopolisakarida.Pada pertengahan fase luteal sintesis mukopolisakarida terhenti,dengan demikian lebih banyak zat makanan mengalir ke stroma endometrium sebagaipersiapan untuk implantasi ovum bila terjadi kehamilan bila tidak terjadi kehamilan dengan menurunnya kadar progesteron enzim hidrolik di lepaskan dan merusakan sel-sel yang berperan dalam sintesis protein.karena itu,timbul gangguan dalam metabolisme endometrium yang mengakibatkan regresi endometrium dan pendarahan.
2.Faktor-faktor vaskuler
Pada pertumbuhan endometrium ikut tumbuh pula arteri-arteri dan vena-vena.Dengan regresi endometrium timbul statis dalam vena-vena serta saluran-saluran yang menghubungkannya dengan arteri,dan akhrinya timbul nerkosis dan pendarahan dengan pembentukan hematom,baik dari marteri maupun dari vena.
3.Faktor prostagladin
Endometrium banyak mengandung prostagladin E2 dan F2,dengan desintregasi endometrium prostagladin terlepas dan menyebabkan berkontraksinya miometrium sebagai suatu faktor untuk membatasi pendarahan pada haid.
Perubahan Histologik pada ovarium Dalam siklus Haid
Ovarium mengalami perubahan dalam besar bentuk dan posisi,selain itu terdapat perubahan histologik yang disebabkan oleh rangsangan berbagai kelenjar endokrin.Ovarium terbagi atas dua bagian yaitu korteks dan medulla.Perubahan yang terdapat pada ovarium di bawah pengaruh FSH beberapa folikel mulai berkembang dan hanya satu yang tumbuh sampai matang,pada folkel ini mula-mula sel di sekeliling ovarium berlipat dan timbul rongga yang berisi cairan yang disebut likuor folikuli.Ovum terdesak ke pinggir dan di tengah tumpukan sel yang menonjol ke dalam rongga folikel.Dengan tumbuhnya folikel jaringan ovarium sekitar folikel tersebut terdesak keluar dan membentuk dua lapisan.Dengan bertambah matang folikel dan pembentukan cairan bertambah maka folikel semaki terdesak ke permukaan ovarium ,sel sel ovarium menipis maka folikel tersebet akan pecah dan keluarlah cairan dari folikel bersama ovum yang dikelilingi sel kumulus ooforus.peristiwa ini di sebut ovulasi.
Gangguan menstruasi
Banyak wanita yang mengalami sakit sebelum haid ada yang pusing,mual,pegal-pegal,sakit perut,pingsan.Sakit perut ini di sebabkan karena kontraksi rahim untuk mengeluarkan endometrium yang di pengaruhi hormon prostagladin.
1.Dismenerrohoe(nyeri haid)
pada saat haid kadang mengalami rasa nyeri dan rasa nyeri pada setiap wanita bervariasi.Nyeri haid ada 2 macam
>Nyeri haid primer
Timbul sejak haid pertama akan pulih dengan berjalannya waktu,nyeri haid ini normal namun dapat berlebihan jik dipengaruhi faktor fisik seperti sters,syok,penyempitab pembuluh darh,kurang darah.
>Nyeri haid sekunder
Muncul apabila ada penyakit kelainan menetap seperti infeksi rahim,kista,tumor kandungan.
2.Pre menstruasi syndrom
PMS dapat menyertai sebelum atau saat haid
#perasaan malas bergerak,lemas dan mudah lelah
#nafsu makan meningkat dan suka makanan yang rasanya asam
#emosi menjadi labil
#mengalami kram perut
#kepala nyeri,pingsan
#berat badan bertambah,dan pinggang tersa pegal.
Gangguan menstuasi lainnya yaitu amenorrhoe tidak mendapatkan haid sama sekali,ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya:
~Disebut hymen inperforata yaitu selaput dara tidak berlubang sehingga drah haid terhambat untuk keluar.di ketahui apabila wanita sudah waktunya haid tapi belum mendapatkannya dan sering mengeluh sakit perut tiap bulan.
~Menstruasi anovulatoire yaitu rangsan gan hormon tidak mencukupi untuk lapisan dinding rahim sehingga tidak haid atau hanya sedikit.
~Amenorrhoe sekunder biasanya penderita pernah haid hal ini di sebabkan karena hipotensi,anemia,infeksi,kelemahan kondisi tubuh secara umum.
Segera kunjungi tenaga kesehatan jika:
1.menarche sebelum usia 8 tahun
2.siklus haid kurang dari 14 hari atau lebih 35-40 hari
3.lama menstruasi lebih 14 hari
4.volume haid banyak(10 kali ganti pembalut)
5.sakit perut sampai tidak bisa beraktivitas atau sampai pingsan
6.darah mens berbau anyir bahkan berbau busuk

1 comments:

  1. Ah ni.artikel ini biar mahluk paling lembut aja yg bc ........biar jd paham...
    aku cih ga bs koment...

    ReplyDelete