Mangga Di Haturanan Linggih ....

Tuesday, January 11, 2011

Resume (flour albus)

keputihan (flour albus)

*pengertian
      keputihan merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita.Dalam keadaan normal vagina yang sehat memproduksi cairan untuk membersihkan vagina dari benda-benda asing yang tidak di inginkan,cairan tersebut juga berfungsi sebagai pelumas dalam hubungan seksual,serta membantu fungsi reproduksi.Jika,cairan yang di keluarkan vagina berlebihan dan sifatnya berubah-ubah menimbulkan rasa gatal,rasa panas,dan nyeri saat BAK dan senggama serta mengeluarkan bau yang tidak sedap maka perlu di waspadai karena merupakan keputihan yang tidak semestinya.
*penyebab
       penyebab keputihan bisa di sebabkan oleh berbagai hal seperti :
1.infeksi mikroorganisme yaitu bakteri,jamur,virus,dan parasit.
2.gangguan keseimbangan hormon,stres,kelelahan kronis,peradangan alat kelamin,benda asing dalam vagina,penyakit organ reproduksi.
Jumlah,warna,dan bau dari cairan keputihan akibat infeksi mikroorganisme tergantung dari jenis mikroorganisme yang menginfeksikannya.
** Infeksi disebabkan oleh Trichomonas vaginalis 
      cirinya:cairan yang di keluarkan bersifat encer,berwarna hijau,terang,berbau tidak sedap,rasa gatal,sering bak tapi sedikit-sedikit.
** Infeksi oleh candida Albicans
       cirinya:cairan berwarna putih,ada bercak yang melekat pada dinding vagina,sering kali di sertai gatal yang intensif.
** Infeksi oleh Gardnerella vaginallis
       cirinya:cairan berwarna putih keruh ke abu-abuan,berbau,agak lengket,gatal,dan panas pada vagina.
*penggolongan keputihan
1.Keputihan karena Fisiologis
    sering kali di temukan pada bayi baru lahir hingga usia 10 hari,waktu menarche,wanita dewasa apabila dirangsang sebelum coitus,waktu ovulas,pada wanita berpenyakit menahun dengan neurosis dan wanita dengan ektropionporsionis uteri.
2.Keputihan patologis
      sering kali disebabkan oleh virus,bakteri,jamur,kuman,adanya benda asing dalam vagina,gangguan hormonal,kelainan bawaan,ca cervik.
*Pencegahan
upaya pencegahan berupa:
~ menjaga kebersihan diri terutama kebersihan alat kelamin,rambut vagina atau pubis yang terlalu tebal dapat menjadi sarang kuman.
~hindari suasana vagina yang lembab berkepanjangan karena pemakaian celana dalam yang basah.
~jika keputihan dalam taraf ringan gunakan sabun atau antiseptik tapi jangan di gunakan berlebihan karena akan mematikan flora normal.
~hindari penggunaan talk disekitar vagina,tisu harum karena akan membuat vagina teriritasi.
~perhatikan kebersihan lingkungan,
~setia pada pasangan.


4 comments: